Belajar Kata Baku dengan Nyanyuk Adventure, lebih seru!

Klik Gambar untuk bermain

Belajar Bahasa Indonesia namun tetap menyenangkan, emang bisa?
Bisakah mengingat kata baku yang tepat dengan mudah?


Nah, kali ini penulis akan memberikan pemanfaatan salah satu fitur rumah belajar dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Muatan pelajaran Bahasa Indonesia dalam tema 2 kelas 6 lebih banyak menjelaskan tentang kalimat efektif yang salah satu cirinya adalah memuat kata baku. 

Kata baku sendiri adalah kata yang sesuai dengan kaidah atau pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang sudah ditentukan. 

Nyanyuk Adventure sendiri adalah salah satu dari 22 edugame atau permainan sembari belajar yang disediakan oleh Kemdikbud di portal Rumah Belajar. Dengan bermain Nyanyuk Adventure ini peserta didik diharapkan lebih bisa memahami materi ajar yaitu mengenai Kata Baku. Dimana kata baku dan tidak baku yang ada dalam permainan ini sering dijumpai dan disalahgunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis memanfaatkan Nyanyuk Adventure ini sebagai tugas melatih keterampilan bahasa Indonesia peserta didik kelas 6 di rumah agar pelajaran tidak membosankan. Tentu ada target minimal yang ditetapkan yaitu minimal harus selesai level 4 dari 8 level yang tersedia. 

Penyampaian melalui grup peserta didik

Berikut tampilan dari permainan Nyanyuk Adventure.


Ada 8 peti level yang tersedia. Pemain harus membuka dan lolos di masing-masing level untuk berlanjut. Diawali dari peti dari ujung Barat Pulau Sumatera, dan level terakhir di bagian paling Timur dari pulau Papua.


Petunjuk permainan diberikan di awal yaitu mencari 4 kunci terlebih dahulu sembari menjawab pertanyaan yang diberikan agar bisa keluar dari labirin dengan mencari bendera. Tentu game tidak seru apabila tidak memiliki tantangan atau lawan. Di game ini terdapat kumbang yang apabila kita tertabrak dapat mengurangi jumlah darahnya dari 100 bisa turun hingga 0. 


Setelah menemukan kunci, akan muncul pertanyaan seperti di atas. Apabila menjawab benar maka bisa melanjutkan mencari kunci lain hingga menemukan 4 kunci. Namun apabila gagal akan mengulang dari awal (reset).


Setelah selesai menjawab pertanyaan di 4 kunci dan menemukan bendera maka tampilan menang akan seperti di atas. Peserta bisa melanjutkan ke peti level 5 dan seterusnya.

Apakah peserta didik mampu menyelesaikan tugas permainan yang diberikan?

Lihat tangkapan layar dari pesan yang dikirimkan oleh peserta didik berikut.




Ternyata hampir semua peserta didik yang mengirimkan tangkapan layar saat bermain telah menyelesaikan seluruh level yang diberikan.

Ada juga peserta didik yang penasaran dengan permainan lain di fitur edugame Rumah Belajar dan malah lanjut mencoba permainan lain secara mandiri. 

See?

Tak terasa tentunya telah menyelesaikan 8 level tetapi juga belajar sebanyak 32 kata baku.

Untuk mengakses 22 permainan di portal rumah belajar, bisa dengan meng-klik link di bawah ini.

Edugame


MERDEKA BELAJARNYA 

RUMAH BELAJAR PORTALNYA 

MAJU INDONESIA!




Share:

0 comments