Sosialisasi Tatap Muka dengan Peserta PIGP ASN Formasi Guru 2019


Salah satu bentuk tindak lanjut dari forum diskusi bersama bidang GTK serta Bapak Kepala Dinas Pendidikan adalah Sahabat Rumah Belajar (SRB) Bangka Belitung yang berasal dari Kab. Bangka Tengah mendapatkan kesempatan berbagi praktik baik dari pemanfaatan rumah belajar kepada peserta Program Induksi Guru Pemula (PIGP) ASN Formasi Guru 2019.

Bidang GTK menyebutnya sebagai GTK roadshow karena diadakan di tiap kecamatan. Penulis mendapat kesempatan sosialisasi selama 2 hari di Kecamatan Namang dan Kecamatan Simpang Katis & Pangkalan Baru pada 29-30 September 2020. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pukul 13.00 sampai 15.00 dengan tidak mengganggu jadwal belajar peserta didik di sekolah karena di Bangka Tengah memang sudah melakukan pembelajaran tatap muka dengan 50% peserta didik dengan sistem shift.

Peserta ini mendapatkan materi seputar tahapan hingga menjadi seorang dengan jabatan guru yang diuraikan secara jelas oleh Bidang GTK serta materi mengenai disiplin PNS. SRB Bangka Belitung diminta untuk memberi materi tentang Pembelajaran Inovatif dengan memanfaatkan Rumah Belajar serta Merancang dan Membuat Video Pembelajaran.

Permintaan dari GTK Kab. Bangka Tengah tersebut sejalan dengan proses seminar yang akan dilakukan oleh peserta PIGP di 12-14 Oktober 2020 dengan melampirkan video pembelajaran mengenai inovasi pembelajaran yang dilakukan di kelas. 

Sosialisasi tatap muka di Kecamatan Namang diadakan di SMP 1 Namang. Pemateri dari SRB Bangka Belitung dihadiri oleh penulis: Gradiska Oktaviyanti YS, Ibu Rahma Wistiany dan Ibu Supriyatni dengan peserta yang merupakan Guru Pemula di Kecamatan Koba dan Namang berjumlah 40 orang. 

Bersama peserta sosialisasi di SMP 1 Namang

Sosialisasi di SMP 1 Namang


Di Kecamatan Simpang Katis dan Pangkalan Baru, pemateri dari SRB dihadiri oleh penulis: Gradiska Oktaviyanti bersama dengan Guru Berprestasi Kab. Bangka Tengah 2020, Ibu Hastri. Sosialisasi dilaksanakan di SDN 7 Simpang Katis dengan audiens berjumlah 40 orang.

Sosialisasi di SDN 7 Simpang Katis

Sosialisasi di SDN 7 Simpang Katis


Harapan SRB Bangka Belitung 2020, peserta yang telah mengikuti sosialisasi ini dapat memanfaatkan portal Rumah Belajar dalam proses pembelajaran serta dapat membuat video dengan versi terbaik untuk dikumpulkan dan ditampilkan di seminar PIGP di bulan Oktober nanti.







Note: untuk lampiran berupa slide presentasi dan absensi peserta sosialisasi akan dikirimkan link google drive di bawah ini.

Sosialisasi Pembatik Level 4




Merdeka Belajarnya 

Rumah Belajar Portalnya 

Maju Indonesia!



Share:

0 comments