Coaching PembaTIK Level 4: Berbagi

 



Wilayah Kepulauan Bangka Belitung dimasukkan dalam Gelombang 1 Pelaksanaan Coaching PembaTIK Level 4: Berbagi. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 21-23 September 2020 via Zoom Meeting dengan rundown acara adalah sebagai berikut.


Pada sesi pertama hari pertama (21 September 2020), acara pembukaan dilangsungkan dengan peserta yang terdiri dari beberapa provinsi yang tergabung dalam Gelombang 1. Setelah diberikan arahan secara umum mengenai kebijakan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, peserta di breakout ke dalam masing-masing ruang Zoom berdasarkan provinsi masing-masing untuk mendengar penyampaian dari perwakilan pihak LPMP dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya, dengan dibantu oleh Pihak Pusdatin dan Duta Rumah Belajar, peserta mendapatkan insights mendalam mengenai apa-apa saja yang akan dilakukan di PembaTIK level 4: Berbagi. Diskusi pertama yaitu tentang sosialisasi. 

Peserta Coaching


Kegiatan sosialisasi ini nantinya dapat dilakukan secara tatap muka maupun tatap maya dengan ada minimal target yang harus dicapai, yaitu minimal 3 kali pertemuan dengan akumulasi 60 peserta tatap muka, atau minimal 5 kali dengan akumulasi 100 peserta tatap maya. Dengan adanya komunikasi aktif dua arah antara narasumber dan peserta, segala informasi dan tips yang berguna dapat diambil dan semoga dapat diterapkan nantinya guna memudahkan dan terlaksananya proses sosialisasi Rumah Belajar nantinya. 

Persiapan sosialisasi: (1) hubungi pihak dinas terkait untuk mendapatkan dukungan serta rekomendasi pelaksanaan sosialisasi, (2) membuat flyer, materi, resume serta bukti terlaksananya sosialisasi, (3) Kombinasi pelaksanaan tatap muka dan tatap maya dapat dilakukan, namun usahakan tatap muka tetap minimal 3 kali pelaksanaan, (4) persiapkan bukti fisik sosialisasi seperti daftar hadir, lalu tuliskan di blog masing-masing, (5) harus pintar memanfaatkan momen untuk mensosialisasikan Rumah Belajar, dan (6) selain mengenai Rumah belajar dan implementasinya, peserta dapat berinovasi untuk membuat materi lainnya terkait pengembangan TIK.

Penulis mendapatkan kesempatan bertanya mengenai sosialisasi Rumah Belajar



Di hari berikutnya, di sesi pagi, peserta mendapatkan pendalaman materi tentang membuat blog, yang memang baru ditugaskan untuk peserta PembaTIK Level 4: Berbagi tahun 2020. Blog ini nantinya sebagai resume dari kegiatan PembaTIK yang telah dilakukan seperti tentang kuliah umum, coaching, kegiatan tatap maya atau tatap muka yang dilaksanakan, proses implementasi penggunaan Rumah Belajar, dan bisa juga menulis tentang pengetahuan dan wawasan mengenai bidang yang diampu. 

Tentunya ada kriteria dari penilaian blog ini yang telah disampaikan Ibu Ika selaku narasumber. Namun seperti halnya nanti pada vlog, isi materi yang disampaikan itu yang utama. Namun juga tidak mengecilkan dari desain dan inovasi pada blog peserta. Bagaimana peserta dapat memaknai tugas blog dengan baik. 

Setelah ishoma, pembekalan dilanjutkan oleh Pak Danang mengenai vlog. Sebagai orang dari kalangan pemula, yang bahkan mendadak nge-vlog karena tugas di Level 2 kemarin, banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan dari para peserta, mulai dari stabilisasi layar, pemanfaatan ruang pada layar video, pengambilan gambar, pengaturan noise serta audio serta aplikasi yang digunakan. Narasumber dengan senang hati bersama Pihak Pusdatin dan Duta Rumah Belajar membagikan pengalaman dan pengetahuannya mengenai ini. 

Kegiatan juga diisi dengan melihat kembali tugas vlog level 2 yang di unggah di youtube. Peserta yang bersedia menampilkan vlog-nya, diberikan timbal balik berupa penguatan serta saran yang membangun untuk vlog yang lebih baik di tugas selanjutnya oleh narasumber dan juga peserta lainnya. 

Penayangan vlog tugas di level 2


Hari ini, adalah sesi coaching tatap maya terakhir sebelum eksekusi semua tugas yang diberikan. Sesi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan resume dari kegiatan Coaching yang telah dilaksanakan dua hari kemarin. Pihak Pusdatin dan Duta Rumah Belajar tidak lagi memberikan materi, tetapi memberikan tanggapan dan menyamakan persepsi dari resume yang disampaikan peserta. 

Diharapkan dengan selesainya Coaching ini dapat memberikan gambaran jelas dan merencanakan langkah-langkah yang harus dimulai oleh peserta Sahabat Rumah Belajar 2020 guna menyelesaikan PembaTIK Level 4:Berbagi 2020 dengan tepat waktu. Selamat berjuang dan semangat menebar kebaikan!

 Rumah Belajar: belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.



Share:

5 comments