BATENG BEDINCAK BERSAMA RUMBEL

 Tindak lanjut setelah forum diskusi bersama Dinas Pendidikan Kab. Bangka Tengah, selain mendapat kesempatan untuk melakukan sosialisasi tatap muka, SRB Bangka Belitung yang bertugas di Kabupaten Bangka Tengah melakukan Webinar Series: Bateng Bedincak bersama Rumbel dari tanggal 6-14 Oktober 2020.


berikut jadwal webinar series:


Webinar Series: Bateng Bedincak bersama Rumbel (Bangka Tengah Berbagi Ide Inovasi Pembelajaran).

Peserta Webinar Series ini adalah guru-guru di tiap kecamatan se- Kabupaten Bangka Tengah pada jenjang PAUD, SD, SMP dan kegiatan ini didukung langsung oleh GTK Kab. Bangka Tengah, peserta menerima surat untuk wajib menghadiri webinar series sesuai jadwalnya masing-masing sehingga peserta webinar alhamdulillah ramai.

Sahabat Rumah Belajar yang mengisi webinar ada 7 orang dengan dua pemateri di masing-masing jenjang. Jadi dalam satu hari ada 3 room yang dibuka dalam satu kecamatan: room PAUD, SD, dan SMP pada pukul 10.30-12.00.

Pada acara pembukaan Webinar Series menggunakan zoom meeting milik LPMP Babel di hari Selasa, 6 Oktober 2020 dihadiri oleh 317 peserta yaitu dari Kepala PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Bangka Tengah, hadir pula DRB 2019 yaitu Bapak Tedi Hadiana, S.Si.,  dan dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Drs. Bapak Muhammad Yusuf, M.Si.

Kehadiran di acara pembukaan

dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan

Dari sambutan pihak Dinas Pendidikan, diharapkan kegiatan ini tidak selesai hanya di webinar ini. Kalau bisa ada kegiatan tatap muka khusus untuk keberlanjutan dan praktik inovasi pembelajaran dengan menggunakan portal rumah belajar.

Hari pertama yaitu tanggal 6 Oktober hingga tanggal 8 Oktober 2020, penulis menjadi narasumber untuk TK di kecamatan Lubuk Besar, Koba, dan Namang bersama Bunda Juwita Sari. Materi yang disampaikan oleh penulis adalah mengenai pengenalan portal rumah belajar dalam pembelajaran. Di hari ketiga terdapat kendala yaitu hujan deras sehingga kesulitan bergabung di zoom meeting. Narasumber saling bekerja sama melengkapi saat satu sama lain jaringannya tidak stabil. 


Day 1

Day 2

Day 3

Webinar Series dilanjutkan kembali di hari Senin hingga Rabu 12-14 Oktober 2020.
Penulis mengisi kegiatan untuk hari Selasa bersama Ibu Khusnul di Kecamatan Sungaiselan. 
Penulis membawakan materi tentang video pembelajaran yang juga merupakan tugas dari GTK Bangka Tengah, bahwa satu guru harus memiliki minimal satu video pembelajaran. Sehingga diberikan pengenalan mengenai merancang video pembelajaran. Kendala yang dihadapi adalah laptop penulis yang mati-hidup sendiri dan akhirmya tidak mau terbuka. Sehingga share screen materi dibantu oleh Ibu Khusnul, dan penulis menggunakan ponsel untuk mengisi materi di zoom meeting.

Pada hari terakhir sesi terakhir, Rabu, 14 Oktober 2020. Penulis bersama dengan Ibu Mei Winer mengisi webinar SD se-Kecamatan Simpang Katis.





Antusiasme yang luar biasa dari seluruh peserta, dan kegiatan webinar series selesai dengan lancar. Total peserta hingga akhir di luar dari acara pembukaan ialah 1595 peserta.

Seperti yang diharapkan oleh Dinas Pendidikan, semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga ada tindak lanjut dengan workshop yang lebih konfrehensif.

Dokumentasi lebih lengkap akan ditautkan alamat drive di bawah ini.

Sosialisasi Pembatik Level 4


MERDEKA BELAJARNYA 

RUMAH BELAJAR PORTALNYA

 MAJU INDONESIA!


Share:

1 comments