Test Drive, Sosialisasi Pertama!

Berbagilah, 

Berbagilah dari  yang paling dekat.

Tentu tidak asing lagi dengan ungkapan di atas. Maka dari itu, kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar dilaksanakan pertama kali di sekolah tempat mengajar: SDN 4 Koba, sekaligus test drive: belajar berbicara di muka umum


Berbekal dari dukungan kepala sekolah yang sangat antusias dengan pengembangan keprofesian guru, penulis difasilitasi dan diberi ruang untuk menyampaikan materi sosialisasi mengenai Rumah Belajar kepada 15 orang GTK SDN 4 Koba pada hari Rabu, 23 September 2020.

Rumah belajar bukanlah sesuatu yang asing lagi, karena sebelumnya telah dikenalkan pula oleh kepala sekolah sewaktu beliau pulang dari pelatihan di LPMP. Namun, belum ada keberlanjutan dan implementasi yang diterapkan dalam pembelajaran. Hanya sekedar mengunduh aplikasi di playstore lalu membuat akun dengan registrasi. Para guru belum memahami fitur-fitur apa saja yang ada di portal rumah belajar, serta apa fungsinya dalam pembelajaran.

Sosialisasi Rumah belajar yang dilakukan lebih mengenalkan lagi kepada peserta bahwa rumah belajar itu mudah: bisa belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja; fitur utama yang ada bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran di kelas sehari-hari; serta fitur pendukung yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Dari sosialisasi ini, terdapat tanggapan dari peserta guru yaitu mereka baru mengetahui ternyata Rumah Belajar itu memiliki manfaat yang banyak serta membuat mereka tidak perlu lagi kesulitan untuk mencari sumber belajar dan soal yang bisa ditemukan di bank soal. Dari ke-empat fitur utama yang ada, dua diantaranya yaitu sumber belajar dan bank soal menjadi topik menarik yang dibahas di kegiatan ini. Karena dianggap dekat dan bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Di akhir sosialisasi, peserta berharap dapat dibantu untuk belajar lebih lanjut mengenai pemanfaatan sumber belajar serta menggunakan peralatan TIK di dalam kelas. 

Berikut dokumentasi kegiatan sosialisasi hari ini:





Dengan 


Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja

Share:

0 comments