Inspiring Summit 2018

Inspiring Summit!

Invest today, Harvest tomorrow!


Pada hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 24 November 2018, Kaka mengikuti scholarship seminar dan workshop yang diadakan oleh VSE, Inspiring Summit, dan PR in Action.
Sebenarnya agak berpikir panjang untuk ikut ini, karena biaya registrasi yang dikeluarkan tidak sedikit, Rp 150.000,-. Namun karena kaka menaati peraturan yang kaka buat sendiri tentang money management, yang mengharuskan 10% dialokasikan untuk kegiatan pendidikan (seminar, workshop, course), maka kaka tetap mendaftarkan diri.

Karena kaka daftarnya daring, jadi kaka dihubungi panitia untuk bertemu dan mendapatkan tiket, sayangnya sampe hari H seminar kaka ga ada tiket weheee
Tapi nama kaka udah ada di absensi di meja registrasi. Gut deh.
Saat registrasi kaka dapat goodie bag (?) tulisan Australia yang isinya tumbler sama pena Australia Award. Eh tau aja bikin mood kaka bagus, langsung dapet yang ada Aussie nya XD

Alhamdulillah acaranya mulai tepat waktu, dengan sesi pembuka dari US Consulate Medan, yang bercerita tentang program YSEALI oleh Kak Rangga dan Kak Agus Burniat.
Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan materi dari Kak Budi Setiawan tentang Victory Sriwijaya Education (VSE), yang jikalau punya ide project sosial, dan bingung untuk eksekusinya, bisa didiskusikan dengan VSE.
Kaka udah cukup lama juga sih ngikutin VSE di media sosial, tapi belum punya waktu yang tepat untuk mengikuti salah satu program yang ada di sana. Mungkin nanti, sudah skripsi whehehe --kalau ga balik ke Bangka--

Selanjutnya ada materi dari Mba Anita, Awardee Australia Award Scholarship. Yang ngasih materi dan berbagi pengalaman rasa nonton Stand Up Comedy. Penyampaiannya kocak XD kaka sampe merekam selama sesi ini berlangsung.
Dan ada juga penyampaian dari Kak Budi, Awardee Fulbright dan Kak Afu, Awardee LPDP, Harvard University.

Fyi, Kaka sewaktu daftar, ga baca loh pembicaranya siapa aja :v pas sampe dateng kak afu itu mikirnya, gilakk pembicaranya kok keren-keren semua XD ngerasa ga rugi dah bayar segitu..
Kaka catet semua tuh informasi-informasi berharga serta beberapa rekaman video selama kegiatan berlangsung. Takut lupa nanti :v

Oh iya, dari semua pembicara yang hebat-hebat ini kaka dapat tarik benang merah bahwa mereka sama-sama pernah gagal, ada yang berkali-kali, namun ga nyerah dan coba lagi sampe goal.
Jadi kalau nanti kaka juga daftar beasiswa LN, kalau seandainya kaka gagal, jangan nyerah dan coba lagi ya, Ka! ----------bicara dengan kaka sendiri.

Setelah isitrahat salat dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan workshop. Sewaktu pendaftaran sudah diberikan pilihan untuk sesi I : TOEFL/IELTS, dan sesi II: Personal Statement, Interview, dan Research Proposal. Kaka pengen banget bisa ikut sesi II di ketiga workshop itu, tetapi cuma bisa pilih satu di masing-masing sesi ..

Sesi I Kaka di IELTS dengan Ms. Eka.
Bulan September kemarin kalau ga salah, Kaka pernah ikut IELTS placement test salah satu course di Palembang, dan itu testnya alhamdulillah full packages, masuk semua sampe writing task II dan speaking. Dan kaka juga tau skornya berapa, dah lemesss hahaha Kaka belum pernah tau IELTS sebelumnya, bentuknya gimana, apalagi yang writing sama speaking.

Makanya saat workshop kaka ambil IELTS, yang dengan waktu yang kurang lamaaaaaa udah bikin kaka tau salah-salahnya kaka apa aja selama placement test XD jadi pengen course :v
Tapi nantilah.. TOEFL course aja belum kelar ini, masih sampe Februari.

Sesi II Kaka di Kelas Interview dengan Mba Fida, Awardee LPDP angkatan pertama.
Harusnya kaka di kelas personal statement dulu ya karena yang harus dilewatin pertama kan itu dulu baru interview XD
tapi kaka lebih penasaran dengan interview, gimana dong hahhaa
kaka seneng banget dong dapat tips dan trik dari sebelum wawancara, saat wawancara sampe kelarnya wawancara. dikasih beberapa question to handle juga, dan itu semua aman di note kaka hureyyy

Kegiatannya sampe 16.30 kalau ga salah. Sampe kaka kucel hari itu, tapi kaka seneng banget dong. Rasanya otak kayak seger, dapat motivasi lagi untuk bermimpi lebih tinggi.
Sampe malam juga ga masalah sih sebenernya, apalagi dapat ikut semua kelas di workhopnya XD

Semoga tahun depan masih di Palembang, entah itu lanjut profesi, atau kerja atau apa. sehingga bisa ikut edisi tahun depan. Kalaupun ga di Palembang lagi, semoga itu karena udah dapat beasiswa XD aaamiiin hehhehe



Sekian untuk cerita kegiatan kemarin.
Sampai bertemu di cerita selanjutnya




--Nova Sera with Love

Share:

0 comments