Apa itu Duta Rumah Belajar 2020?

 Sesuai dengan judul di atas, 

Apa itu Duta Rumah Belajar?

    Duta rumah belajar teridiri dari dua pemenggalan: duta dan rumah belajar. Rumah belajar sendiri adalah portal pembelajaran yang telah disediakan oleh Kemdikbud RI guna memudahkan peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar. Sedangkan duta adalah perwakilan atau wajah serta menjadi perpanjangan tangan dari pihak terkait, dalam hal ini Pustekkom Kemdikbud.
    Pemilihan Duta Rumah Belajar ini diadakan setiap tahun dengan peserta yang merupakan seorang guru baik itu PNS maupun guru honor. Untuk bisa menjadi seorang Duta Rumah Belajar, tentunya ada beberapa tahapan yang akan dilalui yaitu dengan mengikuti Pembelajaran berbasis TIK (Pembatik 2020). Berikut alur pembatik 2020:


    Kegiatan Pembatik 2020 dibagi mejadi empat level yang harus dilalui secara bertahap, yakni level 1 terlebih dahulu dengan mengikuti kelas serta mengerjakan tugasnya, lalu mengerjakan ujian. Apabila dinyatakan lulus, baru bisa melanjutkan ke level 2, dan seterusnya hingga sampai ke level 4.
    Namun, untuk sampai ke level 4: Berbagi, akan diseleksi kembali dengan hanya meluluskan 30 peserta terbaik di tiap provinsinya. Lalu dipilih satu orang untuk menjadi perwakilan provinsi dan menjadi Duta Rumah belajar di provinsi masing-masing.


    Banyak hal yang akan didapatkan oleh peserta dalam mengikuti kegiatan Pembatik dan menjadi Duta Rumah Belajar: (1) Meningkatkan kemampuan TIK yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini; (2) Mendapatkan sertifikat 32 JP apabila lulus ditiap levelnya; (3) berkesempatan menjadi duta rumah belajar; (4) Berkesempatan bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru se-Indonesia.


    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Pembatik dan Duta Rumah Belajar, silakan untuk mengetuk tautan di bawah ini.

PEMBATIK 

PORTAL RUMAH BELAJAR 

Share:

0 comments